Membangun Website dengan WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemprograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS(Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Belajar membuat website sangat mudah, dan semua orang bisa membuatnya meskipun tidak begitu tahu tentang bahasa pemprograman. Bagi orang-orang yang ingin belajar cara membuat website, WordPress adalah pilihan terbaik.Hampir tidak ada pemilik website yang tidak kenal WordPress. Alasannya karena gratis, fiturnya tidak terbatas, dan proses belajarnya sangat mudah. Bahkan kalau anda belum pernah memegang komputer sebelumnya pun anda akan bisa membuat website dalam 5 menit.

inilah alasan utama kenapa website-website besar menggunakan WordPress:

  1. Dengan WordPress, kita tidak perlu membangun website dari nol sehingga banyak waktu dan tenaga yang bisa dihemat
  2. WordPress bisa dimodifikasi secara bebas dan tanpa batas sesuai kebutuhan si pemilik website, baik secara tampilan maupun fitur
  3. Banyak theme dan plugin yang tersedia sehingga anda bisa mengubah tampilan dan dan menambahkan fitur meskipun tidak paham sedikit pun tentang programming
  4. Proses belajarnya sangat mudah
  5. WordPress terus dikembangkan dan diperbaharui oleh jutaan programmer di dunia
  6. WordPress punya komunitas pengguna terbesar. Kalau anda mengalami kesulitan, jawabannya bisa ditemukan dengan mudah di internet

Dengan alasan-alasan tersebut, sejak 2003 sampai sekarang WordPress tetap menjadi CMS yang paling populer.Padaawalnya, WordPress hanya digunakan untuk membuat blog. tapi sekarang WordPress juga sering digunakan sebagai website dengan fungsi lain, misalnya situs komunitas, jual beli, direktori, portfolio, profil perusahaan, dan lain-lain.

Jjenis WordPress itu sendiri, ada 2 versi, yaitu:

  1. WordPress Instan (WordPress.com)
  2. WordPress Instal (WordPress.org)

Secara pengertian, WordPress.org merupakan layanan self hosted, sedangkan WordPress.com merupakan layanan hosted.

 

Sumber  : https://www.wordpress.com

One thought on “Membangun Website dengan WordPress

  1. WordPress memang CMS terpopuler di dunia. Data dari w3tech.com menempatkan WordPress pada peringkat pertama sebagai platform yang banyak digunakan dengan pengguna sebanyak 30.9% website di seluruh dunia (data Juni 2018).

    Saya kira nilai jual utama WordPress adalah kemudahannya. Seperti disebutkan di atas, bahkan orang yang awam komputer pun bisa membuat website/blog dengan mudah dengan menggunakan WordPress. Tutorial WordPress juga sangat banyak bertebaran di internet bahkan untuk yang berbahasa Indonesia. Dengan begitu proses belajarnya juga menjadi cepat dan mudah serta banyak user yang bisa membantu kita bila ada masalah dengan WordPress.

    Namun mungkin perlu lebih diperjelas lagi perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org karena meski namanya sama, ada cukup banyak perbedaan yang bisa membingungkan pengguna baru. Satu poin pentingnya mungkin masalah biaya di mana wordpres.com dapat digunakan secara gratis sementara untuk wordpress.org kita harus membayar biaya hosting dan nama domainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *